Share it

Translate

Mengapa Harga Mobil di Indonesia Sangat Mahal?

pernah ga kepikiran kenapa harga mobil di Indonesia mahal banget?

Anehnya tuh justru di negara-negara maju seperti Amerika, Inggris, Jerman, Jepang, Australia dsb justru harga mobil murah-murah padahal penghasilan mereka tinggi.

Berikut adalah contoh perbandingan harga beberapa mobil yang dijual di Indonesia oleh ATPM dan di Amerika.


Mercedes E350 Coupe
di Indonesia : Rp 1.530.000.000,- On The Road
di Amerika : $ 48.850 = Rp 430.000.000,- On The Road


Mazda CX-7
di Indonesia : Rp 580.000.000,- On The Road
di Amerika : $ 31.640 = Rp 278.000.000,- On The Road






Toyota Yaris
di Indonesia : Rp 191.000.000,- On The Road
di Amerika : $ 13.440 = Rp 118.000.000,- On The Road

Bahkan untuk mobil yang mewah/sport seperti Ferrari, harganya lebih tidak masuk akal lagi.



Ferrari 430
di Indonesia : Rp 8.750.000.000,- On The Road
di Amerika : $ 287.000 = Rp 2.520.000.000,- On The Road

Apakah memang pajak bea masuk mobil di Indonesia memang semahal itu?

Alur perpajakan:


mazda2 termasuk tipe S MT FOB hanya $8000 alias 72 jutaan

terkenakena Bea Balik Nama, kena PPN 10%, kena PPN BM kategori minibus 10%, kena Bea masuk 5% dari thailand + biaya aneh2

terus tambah keuntungan deler, keuntungan merek, keuntungan manager dan petinggi, keuntungan sales

terus tambah biaya shipping dari thai, asuransi dari thailand ke jakarta + dari jakarta ke tempat tujuan, biaya transportasi

tambah program garansi 3 thn, program bonus kaca pilem, karpet dasar, paint protection bla bla bla + aksesoris

tambah biaya promosi, biaya publikasi baik di majalah, tv atau pameran

alhasil di pasarkan dgn harga 179 jt

16 komentar:

ANGGARA IND mengatakan...

Sakit hatii n emosi menggila klo liat selisih harganya

Anonim mengatakan...

Indonesia memang Uhuy.....

Taufik mengatakan...

yang lebih ajaib.. udah lebih mahal daripada harga di negara maju... masih juga ada yang beli... alias tetep laku.. berapapun harga mobil, kalo mau gak rugi ya jual ke indonesia! negara miskin dengan tingkat konsumtif dan gengsi yang tinggi.. sungguh ironis..

Anonim mengatakan...

gw kalo sudah mampu beli ferari di indo mending gw pindah negara.. di indo dapet 1 di luar bisa dapet 3 buat nenek kakek bapak emank kaka adek... daripada duitnya buat orang" pajak n cukai mending duitnya buat gw beliin pembantu gw ferari buat ke pasar .

ivanlylo23 mengatakan...

Pertanyaan lain muncul. kenapa jika disana harga mobil semurah itu tapi kenyataannya jarang orang punya mobil dan lebih memilih angkutan kota seperti bus, subway, etc?

Jawaban: Para pemimpin disana mengambil sikap dengan memberi pajak pada setiap km yang ditempuh mobil untuk mengurangi kemacetan jadi mobil disana hanya dipakai seperlunya saja dan jika orang itu tidak benar-benar konglomerat orang itu tidak akan beli mobil. Berbeda dengan orang Indonesia jarak 3km aja perginya pakai mobil. ke mall yang jaraknya paling 8km pakai mobil, ngantar anak sekolah pakai mobil, anak ulang tahun dikado mobil. Lama-lama semua kota besar di Indonesia bisa jadi seperti di Jakarta.

sumber: TOP GEAR

bang toyib mengatakan...

makan tu mobil.....udh tau mobil dan antek2nya sering membuat kita celaka....kok masih dibeli, mending jalan kaki atw bersepeda ria dech biar sehat...lagian kita itu g prnh sadar klw msh dijajah...!!!!!!

Anonim mengatakan...

diluar harga mobil murah, cuma bensin + parkirnya mahal..
disini kebalikannya mobil di"pajakin" besar2 cuma disubsidi bensinnya
hasilnya ya indo mase dikadalin jepun ;)

Anonim mengatakan...

pajak di indo buat beli mobil 2 di amerika, 1nya buat satpam ane aja ke pasar ....

samuel alexander mengatakan...

just wanna say: kethek ogleng tenan rego bajigurrrr

samuel alexander mengatakan...

ngeluuuuuu

Anonim mengatakan...

di amerika harga toyota FJ CRUISER $26,880
DI INDONESIA Rp1.085.000.000
huhuhuhu .,.,.,. sakit hati rasanya
siapa yang memeras rakyat ?
siapa yang dapat keuntungan terbesar ?

denz mengatakan...

harga dan pajak nya di Indonesia minta ampun apa apa pajak belum japrem tp jalan bolong jembatan ambruk selokan ngeluap banjir tambah tindak kejahatan banyak uang hasil pajak buat apa pemerintah?

krisna noval mengatakan...

nambahin aja: soalnya sarana transportasi umum di RI ga senyaman di negara maju

Anonim mengatakan...

Saya setuju dengan anda kemana tuh pajak milik rakyat,rakyat susah pajak gak ada alurnya kemana,jalanan rusak,rakyat gak sejahtera,Indonesia butuh pemimpin yang amanah tidak klemar klemer

Anonim mengatakan...

mengapa tetap laku dan tidak syg2 hambur2in uang buat beli momobilmewah????? karena eh karena belinya pake duit hasil korupsi....dapetnya gampang ngabisinnya gampang.... duit stn dimkn ji*.

Anonim mengatakan...

jadi orang kaya enak gak di indonesia di sini pajeknya apa saja gede dan multi ,yang buat sakit hati di korupsi dan gak jujur dan bener ngola pajeknya

Poskan Komentar

Open Cbox
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Skull Belt Buckles