Translate

Modifikasi Nisan Skyline R33 1996 Full Street Racing

Ubahan tampilan sampai ke performa mesin dilakoni demi mengejar keseimbangan modifikasi berkonsep street racing layaknya mobil Time Attack Jepang.
 
Banyak cara untuk membangun sebuah mobil yang siap bertarung di arena kontes ataupun lintasan balap demi memenuhi hasrat modifikasi. Inspirasinya pun bisa didapat dari berbagai sumber, mulai dengan nongkrong dibengkel-bengkel tuning terkemuka, ataupun dengan mengamati perkembangan mobil-mobil balap dalam turnamen dunia melalui internet, semisal D1 Grand Prix, Grand Turismo atau Time Attack.  
 
Mengacu pada dunia modifikasi di luar negeri memang menjadi salah satu cara yang dilakukan kebanyakan pecinta modifikasi di Tanah Air, karena dari sanalah bisa didapat inovasi dan kreatifitas yang cukup baik untuk menjadi acuan dalam memodifikasi kendaraan pribadi. 
 
Kalau melihat Nissan Skyline R33 yang satu ini, gaya modifikasinya juga sudah berkiblat pada trend dari negeri Sakura. Willy selaku pemilik mobil sport langka ini, sekaligus sebagai modifikatornya, sukses melakukan ubahan dengan mengacu pada modifikasi R34 GTR yang berlaga dilintasan Tsukuba Jepang. 
 
Walaupun ia pernah mengidamkan NSX, tapi garis mobil cepat dari produsen Nissan ini pun sudah cukup membuatnya bisa berpaling. Tahun 2008 ia beruntung menemukan Skyline R33 GTS yang terakhir dilahirkan tahun 1996, karena mobil ini terbilang jarang beredar di Indonesia. Versi GTS pastinya masih dibawah spesifikasi versi GTR (Grand Turismo Racer), makanya pentolan rumah modifikasi Namura Hyan ini ingin mengkonversikannya ke bentuk GTR. 
 
Di bulan-bulan pertama tahun 2009 ia sudah melakukan perubahan pada bentuk yang lebih menggairahkan, namun hal tersebut tidak lantas membuatnya selesai dan puas, ia terus mencari pakem-pakem modifikasi yang cocok buat tunggangannya. Membuka koleksi gambar mobil sport eksotis yang ia simpan, terlihat kendaraan Time Attack GTR milik M-Speed sebagai mobil tercepat dalam laga Time Attack 2007, Tsukuba, Jepang akhirnya jadi pilihannya. 
 
Antusias tinggi mewujudkan perubahan radikal pada besutan berkelir merahnya ini dimulai dari aplikasi body kit versi yang lebih teratas. Tidak tanggung-tanggung, versi GTR Victoria specification (V-Spec) dicomotnya. Willy benar-benar ingin membuat ubahan yang maksimal, jadi ia tidak memilih untuk custom, karena menurutnya ubahan custom membuat pekerjaan sedikit susah dan ia tidak mau hal tersebut.  
Setelah diagnosis setiap detail bangun tubuh GTS-nya, mulailah pembedahan masing-masing bagian. Dari bumper depan aplikasinya mencomot GTR yang memiliki lubang intercooler lebih besar dan air duct sebagai ciri khas. Lalu lampu depan, grill hingga emblem GTR juga dipasang sangat presisi, sehingga menambah kesan gahar dan menguatkan image sebagai mobil dengan power yang besar. Membuat tingkat down force lebih maksimal, lips depan dari karbon ditambah canard buatan Auto Select terpasang dengan baik untuk memberikan efek aerodinamis saat mobil dipacu. 
 Desain aerodinamis yang GTR sandang tidak perlu diragukan lagi, bagian samping hingga buritan telah terancang sangat sempurna, Willy pun menterjemahkan kedalam transformasi R33-nya ini. Satu lagi yang membedakan GTR dengan kakaknya adalah desain bumper belakang yang lebih bongsor dengan lebar fender. 
Tidak mau tampak polos saja, bodi yang sudah dikelir merah dibalur dengan tusiran cutting sticker kuning berpadu hitam dengan desain yang mengambil beberapa bagian ikan hiu. Selanjutnya karakter racing street khas gaya modifikasi di Jepang diperkuat dibagian head lamp yang dibuat layaknya alis mata dari karakter animasi Samurai.
 
Tampilan yang sudah makin beringas itu lalu ia imbangi dengan ubahan disektor mesin. Dibagian ini, Willy tidak mau ambil pusing, ia bergegas memilih mesin RB26DETT V-Spec yang memiliki perbedaan secara signifikan dibagian internal maupun blok mesin. 
 “Proses di mesin cukup lama, karena butuh waktu untuk mencari dan memesannya. Sebelumnya sudah ada yang nawarin tapi gue kurang sreg dengan kondisinya. Tapi secara tiba-tiba temen yang di Malaysia kasih tau disana ada half cut RB26DETT V-Spec yang lengkap, gearbox manual sampai ECU-nya lengkap,”cerita Willy.  
 
Lantas, setelah melakukan cek kondisi mesinnya yang ternyata berkondisi baik, tanpa balancing ulang, mesin pun langsung diboyongnya dan dipasangkan. Saat dipasang tidak ada yang dirubah mounting-mountingnya karena dudukan mesinnya masih sama dengan mounting R33, sedikit kesulitan hanya saat merunut kabel-kabel ground wiring yang terbilang banyak. 
 
Memaksimalkan kinerja twin turbo, piranti yang mendukungnya diganti dengan part aftermarket high performance. Dengan begitu, pastinya tenaga baru akan terlahir dari mesin RB26 V-Spec yang sudah terpasang dan biar tenaga tidak terputus oleh limiter bawaan mesin, Willy memasang limiter cut HKS LSD sehingga kemampuan semburan dari tenaga mesin V-Spec ini bisa didapat lebih tinggi. 
 
Semakin mantap lagi, transmisi yang tadinya otomatis sekarang sudah disokong dengan sistem manual, pastinya tenaga pun akan semakin beringas diputaran bawah maupun atas. Apalagi kopling Nismo sudah diandalkan didalamnya sehingga transfer tenaga ke roda di semua tingkat RPM menjadi semakin responsif. 
 
Kemudian urusan sistem kontrol komputer pun diriset ulang, bukaan boost di 0,4 bar membawa R33 merahnya ini sanggup dibejek hingga 200 km/jam saat melibas aspal jalan tol Jakarta. Tunggangan barunya ini sempat dites untuk ngetrek dijalan tol bersanding dengan temennya yang memiliki GTR R34 V-Spec II standar dan hasilnya ia bisa mendahului temannya tersebut. “Seneng juga liat hasil saat itu,” kenangnya.
 Berpindah ke situasi kabin R33-nya, sebenarnya tidak ada yang banyak berubah karena dari aslinya-nya tidak banyak berbeda. Tentunya suasana kockpit mobil balap tidak ada beda apalagi bagian kemudi, disana disuguhkan beberapa layar info digital seperti di pesawat tempur, dan serunya lagi boost control yang disematkan oleh Willy memiliki teknologi voice module.
 
 
Spesifikasi
 
Mobil Nissan Skyline GTS-T R33 1996
 
Pemilik Willy Cahyadi Hadiwijaya
 
Mesin Swap to RB26DETT V-Spec half cut Custom Color Chrome Blue, Gearbox Manual RB26DETT V-Spec, Transfer Case GTR, ECU GTR V-Spec, Twin Intake Kit Apex-I Custom Color Chrome, Twin Air Filter Kit Apex-I Custom Color Chrome Red, Clucth Nismo Coppermix Series, Strutbar HKS Kansai, Radiator Cap Nismo, Oil Cap Tomei Anodized Blue, Blow off HKS SQV, Intercooler MPower, Piping Custom, Radiator Cooling Plate Okuyama Carbing, Limiter Cut HKS SLD, extra Fuel Tank Summit Racing
 
Eksterior R33 GTS-T convert to GTR V-Spec, front bumper GTR model, side skirt Nismo 400R, rear bumper GTR model, front lips Auto Select carbon, front canard Auto Select carbon, rear lips GTR V-Spec, rear diffuser Top Secret carbon, engine hood Nismo 400R carbon, front grill GTR with original GTR Badge, rear spoiler GTR carbon, Window Tint Foliatec Yellow, paint Rosso Fuoco Red by Spies Hecker, Headlights GTR V-Spec type II, front lamp HID 6000K Visional and High Beam Visional 8000K, rear lamp and garnish GTR, rear badge GTR original and V-Spec Original, pillar cover Nismo carbon, cutting sticker by Wiens Sticker
 
Kaki Kaki Pelek SSR Type-C 17x10” Flat, Et 12 with custom Color Bright Yellow, ban Toyo Trampio R1R 255/45/17, Shockbreker Apex‘i N1 Coilover, lug Nut Rays Blue, Front Big Brake Kit, front Caliper APP 6 Piston, Front Rotor APP 330mm Slotted, APP Brake Pad, AP Racing Brake Lines, Rear Big Brake Kit, Rear Caliper APP 4 Piston, Rear Rotor APP 330mm Slotted, APP Brake Pad, AP Racing Brake Lines, brake Master Cylinder Stopper Tomei
 
Interior Dasbor GTR V-Spec, console and panel GTR V-Spec, speedometer GTR V-Spec, shift boot and hand brake boot Nismo Red Stitch, Bride Exas 3 bucket seat with TAKATA Safety Belt, custom Bride rear seat trim and door trim, steering wheel Sparco Extreme with Pulsanti Sparco kit, shiftknob ARC Titanium, pedal set Okuyama Carbing, foot rest Passenger Seat Okuyama Carbing, BLITZ Infometer R-Vit II, Meter Defi BF Amber, Defi control unit, Turbo Timer HKS Type 1, Meter Holder custom carbon, boost controller OGS (Ogura Japan) voice modul.
 
Other Photo

0 komentar:

Posting Komentar

Open Cbox
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Skull Belt Buckles