Translate

Fungsi Knalpot

Fungsi knalpot secara umum adalah untuk menurunkan suhu udara yang sangat tinggi akibat kompresi di dalam ruang bakar (silinder). Knalpot motor di bagi menjadi dua yaitu knalpot untuk motor 2 stroke/2 tak dan untuk motor 4 stroke/4 tak.




2 tak
Pada mesin 2 tak, mesin hanya mengalami dua langkah dan mesin ini tidak di lengkapi dengan katup atau biasa di sebut klep.Pada jenis mesin ini, knalpot sangat berperan dalam langkah pembakaran. Turbulensi dalam knalpot 2 tak akan membantu kompresi bahan bakar di ruang bakar karena turbulensi ini akan menghasilkan tekanan balik ke ruang bakar tetapi perhitungan turbulensi udara dalam knalpot ini tidak sembarangan harus ada perhitungan yang tepat pada komponen lain pada mesin seperti diameter klep, lama waktu klep membuka & menutup , dsb. Oleh karena itu knalpot racing pada motor 2 tak tidak selamanya dapat meningkatkan tenaga, tetapi bila settingan karburator, buka tutup klep pas maka penggantian knalpot racing dapat meningkatkan tenaga motor antara 10% hingga 30%.



4 Tak
4 Tak adalah mesin yang bekerja sebanyak empat lengkah, yaitu: Hisap-Kompresi-Usaha-Buang. Letak kehebatan mesin 4 tak ini adalah katupnya, sedangkan fungsi knalpot pada jenis motor ini hanya untuk menurunkan suhu akibat kompresi. Sehingga bila banyak orang yang berkata bahwa bila mengganti knalpot racing itu dapat meningkatkan tenaga mesin itu hanyalah akal-akalan aja biar laku. 



Menurut mereka dapat menambah tenaga karena bila mereka ingin mendengar suara knalpor itu mereka harus memutar gas hingga rpm tinggi. Kalaupun benar-benar naik, paling tinggi peningkatan tenaganya hanya sampai 5% itupun di karenakan sudah mengalami penggantian Spuyer (main jet dan pilot. Alat pemasok BBM di Karburator). Jadi untuk apa kita mengganti knalpot racing bila tidak ada gunanya buat bising aja!

0 komentar:

Posting Komentar

Open Cbox
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Skull Belt Buckles